Rabu, 10 Maret 2010

Virus Yang Menyerang Cabai

Banyak penyakit yang disebabkan oleh virus.Flu, cacar air, atau campak merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus.Bahkan, dewasa ini banyak penyakit akibat virus yang cukup menghebohkan banyak orang, sebut saja AIDS, SARS, POLIO, dan flu burung.
Bagi para petani, serangan virus menjadi sesuatu yang menakutkan pula.Kita hidup di kota besar atau jau dari lahan pertanian mungkin tidak menyadari bahayanya. Tetapi, ternyata virus mampu menyebabkan ribuan hektar tanaman gagal panen. Petani kehilangan berton – ton pertanian.Kerugian ekonomi yang timbul akibat serangan virus bisa mencapai angka miliaran rupiah. Akhirnya, virus menjadi momok akibat dampaknya terhadap kesehatan juga pertanian.
Serangan penyakit yang disebabkan oleh virus telah membuat heboh dan mengagetkan banyak orang.Bagi para petani cabai, ternyata serangan virus telah menjadi sesuatu yang menakutkan pula.Betapa tidak, dalam beberapa tahun terakhir ini ribuan hektar cabai luluh lantak diterjang virus dengan gejala kuning keriting.Sejak tahun 2003, virus telah meresahkan dan merugikan petani di berbagai sentra tanaman cabai di Indonesia.Luas Perlidungan Holtikultura Departemen Pertanian RI, memperkirakan tingkat kehilangan hasil pertanian sekitar 1.626 ton.Dengan harga cabai di tingkat pertanian Rp.4.500,00 perkilogram (kg), maka tingkat kerugian mencapai Rp.7,31 miliar. Hingga saat ini, penyakit virus kuning pada cabai telah menyerang lahan tanaman cabai di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Bali, Lampung, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Nangroe Aceh Darussalam ( NAD ), Bengkulu, Kalimantan Timur, dan Gorontalo. Di Sleman, virus yang lebih dikenal dengan bule amerika ini telah meluluh lantahkan lebih dari 116 hektar tanaman cabai.

0 komentar:

Posting Komentar